Cara Membuat Hp Androidmu lebih Awet Baterai di Tahun 2023

Ndo Andre
0
Halo sobat pada kesempatan ini admin akan berbagi beberapa tips dan trik android seperti bagaimana cara membuat hp androidmu lebih hemat dan tidak boros dalam penggunaan baterai.

Sebagian besar user pasti sudah tahu cara membuat baterai android tetap hemat dan awet. Setiap saat waktu dan jam kamu pasti tidak lepas aktifitas dengan menggunakan perangkat hp android ini, seperti urusan chating, kirim-kirim pesan maupun asik bermedia sosial sepeti Youtube, Instagram, Tiktok dan lain sebagainya.

Tidak jarang juga beberapa orang menghabiskan waktu dengan gadget androidnya seperti bermain game online, melakukan streaming dan tentusaja ini semua paling enak jika perangkat yang digunakan ikut menunjang aktifitas, seperti baterai yang awet.

Cara Membuat Android 13 Awet Baterai

Penyebab Hp Terasa Boros Baterai


Kamu pasti merasa tidak nyaman jika smartphone yang di gunakan baterai cepat habis terlebih boros dalam penggunaanya. Ada beberapa penyebab sehingga penggunakan bateraimu terasa boros, seperti:

1. Signal tidak menentu


Sinyal seluler yang buruk atau tidak menentu bisa menyebapkan penggunaan daya menjadi boros, karna membuat hp bekerja lebih keras mencari jaringan yang bagus. Hal ini juga bisa membuat suhu hp menjadi panas, tentu saja ini tidak baik untuk kesehatan perangkat dan baterai

2. Banyaknya aplikasi berjalan di latar belakang


Tentusaja hal ini seringkali menjadi penyebab utama hp boros baterai. Aplikasi yang berjalan di latar belakang yang berlebihan. Beberapa aplikasi mengaktikan servis lokasi. Beberpa juga menggunakan data seluler yang terus bejalan di latar belakang.

3. Sinkronasi otomatis aktif


Sinkronasi otomatis bisa menjadi salah satu penyebapnya, karena akan ototomatis mengirimkan data atau membackup data-datamu ke beberapa server penyimpanan, contohnya Google drive. Sebenarnya ini penting karena kamu tidak tahu kapan akan terjadi kerusakan di hp kamu. Namun jika sinkronasi aktif kamu dapat mengembalikan data-data hpmu dengan mudah.

4. Kondisi Baterai


Tentu saja selain di atas tadi penyebap lainnya adalah karena memang kondisi baterai hpmu tidak lagi bagus, atau sudah ada kerusakan. Mungkin karena sudah berumur atau memang mengalami kerusakan saat pemakaian.

16 Tips Baterai Android Awet, Tahan Lama dan Tidak Boros


Pastinya semua orang pengguna hp android seperti samsung, realme, sony, infinix, vivo, oppo, tecno, itel, note 30, pova, bahkan iphone pasti ingin agar smartphonenya awet atau tidak boros baterai, apalagi saat momen tertentu. Nah, untuk itu admin bagikan sedikit tips dan trik cara membuat hp android kamu lebih hemat dan awet baterai.

1. Kurangi Aplikasi Tidak Penting


Jumlah aplikasi yang berjalan sekaligus adalah penyebap utama hp kamu sampai menjadi boros baterai. Kamu bisa mengecek apasaja aplikasi yang berjalan di latar belakang. Cek penggunaan baterai di menu setting, lihat apa saja aplikasi yang banyak menguras baterai, dan uninstal aplikasi yang tidak terlalu di perlukan.

2. Memilih Aplikasi Secara Cermat


Kamu harus pintar-pintar memilih aplikasi, karena banyak juga aplikasi yang otomatis berjalan di latar belakang. Mengirimkan lokasimu secara terus-menerus, merekam penggunaan smartphonemu atau mengaktifkan Gps secara otomatis, dan menjalankan internet terus menerus.

3. Menghapus atau Freze aplikasi bawaan


Beberapa merk smartphone menyisipkan aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak terlalu kamu perlukan, dan beberapa diantaranya tidak bisa di hapus. Bahkan tesemat bloatware di aplikasi tersebut, kadang membuat pengguna menjadi risih dan tidak nyaman dengan iklan yang sering muncul, kamu bisa menghapus beberapa atau mem-freze aplikasi yang tidak bisa di hapus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

4. Mengaktifkan Penghemat Daya


Beberapa Os smartphone memiliki fitur penghemat daya di bagian setting, nah kamu bisa mengaktifkan fitur ini dan lihat apakah ada perubahan atau tidak, karena kadang fitur ini malah membuat baterai makin boros karena terus berjalan di latar belakang. Biasanya ini fitur ini ada pada bagian pengaturan baterai di hp kamu.

5. Menonaktikan Kecerahan Otomatis


Kamu bisa juga membuat baterai kamu lebih hemat dengan menonaktifkan kecerahan otomatis. Dima layar kamu akan menjadi terang atau redup tergantung cahaya di sekitarmu. Kamu bisa melakukan ini, namun sisi negatifnya kamu harus rajin mengatur secara manual kecerahan layar hp kamu.

6. Mengaktifkan Mode Pesawat


Mengaktifkan mode pesawat memang bisa membuat bateraimu lebih hemat, namun jika kamu melakukannya kamu tidak bisa menerima telepon, sms, message, dan pesan lainnya yang menggunakan jaringan seluler maupun jaringan data. Jadi menggunakan fitur ini sebaiknya memang jika kamu tidak ingin ada gangguan dari luar, misalnya jam waktu tidur dan sebagainnya.

7. Memakai tema Dark Mode


Hampir semua hp keluan terbaru memiliki tema light mode dan dark mode. Bahkan jika kamu mengaktifkan mode "hemat baterai" bebrapa smartphone akan otomatis mengubah temamu menjadi "Dark Mode". Infonya fitur ini akan membuat penggunaan daya baterai menjadi lebih hemat karena sedikit menggunakan cahaya.

8. Menonaktifkan Live Wallpaper


Keluaran hp terbaru saat ini memiliki fitur live wallpaper. Memang tidak bisa di pungkiri fitur ini membuat tampilan hp kamu menjadi lebih keren dan menarik. Namun tentusaja akan membuat bateraimu semakin boros, karena live walpaper ini kebanyakan menggunakan jaringan data.

9. Menonaktifkan fitur motion dan gestur


Dengan menggunakan fitur ini memang dapat mempermudah kamu dalam menoprasikan android kamu, dimana misalnua kamu mau mengambil screeshot hp kamu dapat melakukannya dengan mudah, mau menghidupkan hp tiggal ketuk dan fitur lainnya yang mempermudah penggunaan hp android. Namun agar baterai kamu awet atau tidak boros kamu bisa menonaktifkan fitur ini.

10. Mematikan fitur Auto Scan Wifi


Beberapa hp android terbaru memiliki fitur auto scan wifi, jadi wifi akan otomatis mencari jaringan wifi yang tersedia dan akan menghubungkannya secara otomatis jika kamu memiliki akses ke jaringan wifinya. Kamu bisa mematikannya dengan masuk ke menu setting.

11. Menggunakan cars original


Menggunakan cars original adalah salah satu hal yang harus kamu perhatikan karena ini akan berpengaruh jangka panjang pada umur baterai, kalu kamu ingin bataraimu tidak mudah drop atau bocor sebaiknya menggunakan carger original bawaan hpnya. Cabut juga carsmu jika idikator persen sudah menunjukan 100%, walaupun hp sekarang sudah ada fitur auto cut ketika baterai telah terisi penuh namun tidak ada salahnya jika kamu melepaskan cars saat baterai penuh.

12. Instal aplikasi Versi lite


Banyak aplikasi saat ini mempunya dua versi karean ukurannya. Contohnya Facebook memiliki aplikasi alternatif versi lite yang ukurannya lebih kecil dan ringan daripada versi aslinya, tentusaja karena ringan sehingga procesor tidak perlu bekerja keras jadi tidak menggunakan daya yang berlebihan untuk menjalankan aplikasi ini

13. Mengurangi skala animasi


Kamu juga bisa mengurangi animasi di hp android kamu, misalnya saat aplikasi di gulir, perpindahan halaman. Nah animasi ini tidak jarang menguras penggunaan baterai hp android kamu. Namun untuk mengaturnya kamu harus mengaktifkan Developer Option atau Opsi Pengembang di Hp android kamu.

14. Mematikan servis lokasi


Yang membuat smartphone kamu cepat habis baterai salah satunya adalah location servis atau servis lokasi yang terus menyala pada latar belakang. Kamu bisa masuk ke menu setting di hp kamu untuk ematikan fitur ini. Kamu bisa memilih aplikasi mana yang kamu anggap tidak perlu menggunakan fitur ini dan menonaktifkannya.

15. Menonaktikan suara tombol


Kamu bisa membuat baterai kamu lebih hemat dengan menonaktifkan suara saat tombol ( misalnya tombol keyboard) atau suara screen pada layar  saat layar di ketuk. Namun jika kamu rasa fitur ini penting buat kamu, kamu dapat mengabaikan langkah ini.

16. Hindari Aplikasi Banyak Iklan


Berapa aplikasi menampilkan iklan di tempat yang tepat dan tidak menggagu. Namun, tidak jarang kamu akan menemukan aplikasi yang sangat mengganggu, bahkan muncul iklan walaupun aplikasi sedang tidak digunakan. Kamu dapat menghapus aplikasi seperti ini.

Nah itulah beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba untuk membuat baterai smartphone android kamu lebih awet, tidak boros baterai, lebih hemat baterai.

Beberapa cara bisa kamu gunakan, namun jika kamu pikir fitur tersebut sangat bermanfaat, maka kamu bisa melewatinya.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)